17 Agu 2007

5 Blog Lingkungan Yang Kerap Saya Kunjungi

Ada banyak tukang blog (blogger) Indonesia yang membangun blog dengan tema utama lingkungan. Bukan hanya perkara jumlah, yang jika dilacak melalui technorati saja terdapat 80 blog tentang lingkungan. Belum lagi jika dilacak dengan fasilitas lain, misalkan saja Paman Google.



Perbedaan berikutnya juga pada pemilihan sub-isu, konsentrasi wilayah atau bio-region, gaya penulisan, bahkan sudut pandang. terlepas dari perbedaan-perbedaan itu, berikut 5 blog yang (cukup) kerap kunjungi, (cukup) kerap saya nantikan pemutakhiran (updating) isi atau content yang mereka sajikan.



  1. Bencana
    Sebelumnya blog ini bernama dan alamat; Blog Hidup Bersama Risiko Bencana: disasters are part of daily life, http://hidupbersamabencana.wordpress.com/. Segalanya tentang bencana di Indonesia. Pokoknya lengkap. Blog ini menjadi semacam perpustakaan saiber untuk isu bencana (dalam konteks ekologis) yang komplit.

  2. Timpakul
    Blog ini menempati posisi teratas dalam "234 Blog Lingkungan", sebuah penelitian pribadi Djuni Pristiyanto. Timpakul dikelola oleh komunitas penggiat lingkungan di tanah Borneo. Salah satunya Ade Fadli, yang pernah menjadi juru siar untuk isu hutan di organisasi lingkungan terbesar di Indonesia.

    Timpakul terhitung konsisten menyajikan informasi aktual seputar isu lingkungan hidup di Kalimantan Timur. Tapi yang menarik minat saya, adalah tag-nya: celoteh tak penting tentang pendidikan dan lingkungan hidup.

    Ditambah lagi, selalu pada pengakhiran artikel yang disajikan timpakul. Selalu saja berujung; tak penting...! Misalkan saja; tak penting politik listrik!, tak penting informasi! , tak penting tanaman konservasi!

    Yang belum ada justru... Tak penting timpakul! Hehehe...

  3. Dewagumay
    Nama blog ini sesuai dengan nama pemiliknya; Dewa Gumay. Ia seorang penggiat lingkungan kelahiran Palembang, Sumatera selatan. Blog ini dibangun Dewa ketika ia bertugas sebagai juru siar di Walhi Aceh. Karenanya, blog ini banyak menyajikan informasi seputar lingkungan hidup di ranah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

  4. Aku Ingin Hijau
    Ini blog menarik. Dodolipet, pemilik blog ini adalah pemerhati lingkungan yang selalu berusaha mempelajari hal-hal baru yang berhubungan dengan energi alternatif, cara menghemat energi dan lingkungan hidup. Saya suka blog ini karena berhasil mengemas isu lingkungan menjadi lebih ringan, enak dibaca (dan perlu -- niru slogan majalah Tempo :-) ).

  5. Antubanyu | enviroMONSTER
    Ya tentu saja blog saya sendiri lah. Paling tidak sehari sekali, saya kunjungi blog ini. Tentu saja ketika sedang ada fasilitas berinternet. Kalau sedang di kebun... ya, tidak! :-)

    Nah, meniru kebiasaan Ade Fadli... Tak penting Antubanyu!



Bagaimana dengan anda?

Subscribe in a reader




AddThis Social Bookmark Button


2 komentar:

. mengatakan...

Terima kasih atas postingnya. Sekarang saja jadi tahu cara mencari blog berdasarkan kategori.

Salam kenal.
Kun
http://kunaifi.wordpress.com

Anonim mengatakan...

salamkenal mas Syam. blog anda sangat bermanfaat dan sangat inspiratif. Sukses selalu dan kalau ada waktu silakan mampir ke personal website yang sangat sederhana di www.kebonkembang.com.

salam,
alankandi

 


ss_blog_claim=9a463614248158a1348a362306f08815 ss_blog_claim=9a463614248158a1348a362306f08815